Diberdayakan oleh Blogger.

4 Februari 2011

Tips Wisata Murah Malaysia-Thailand (I)


"Maaf bro, aku besok nggak bisa datang. Kebetulan, besok aku ke luar negeri. Tiket udah di pesan.Mau nyantai lah tiga hari di sana,"sebut Ifan kepada seseorang melalui telepon genggamnya.
"Rencananya sih ke Malayasi dan Thailand", ungkap Ifan lagi seperti memberi jawaban atas pertanyaan tujuan negera yang akan di singgahinya.
Saat menyebutkan kepergiannya ntuk berlibur ke negeri jiran tersebut, raut wajah Ifan sangat sumringah. Ada gengsi tersendiri setidaknya terlihat, saat pemuda yang tinggal di Tanjungpura-Sumatera Utara tersebut mengutarakan kepergiannya tersebut.


Bagi yang tinggal di Sumatera, khususnya di Aceh,Sumut, Riau sekitarnya. Wisata ke negeri jiran seperti ke Penang, Kuala Lumpur, Singapore atw pun Thailand, terasa lebih murah dibanding melancong ke wisata dalam negeri yang ada di pulau Jawa maupun Bali. Selain murah dari sisi finansial, melancong ke negeri kawasan Asean tersebut jg terasa nyaman dan tenang. So.., jg terasa sangat dekat. sehingga Nggak terlalu capek dalam perjalanan.


Tulisan ini, setidaknya bisa menjadi tips wisata murah bagi yang pengen jalan-jalan ke negeri jiran tersebut. Agak tidak melebar, tulisan ini khusus mengulas keberangkatan dari Medan aja. Knpa harus dari Medan, tidak dari Batam ??? Kan dari Batam lebih dekat. Alasannya sikat aja, menghindari razia rokok bila mendarat di singapore. Bagi para perokok, rasanya jd kurang nikmat kalo rokok yg dibawa kena sita, udh di sita kena denda besar lagi. Di negeri singa tsb, peraturan ttg rokok sangat keras dan tegas.

Kembali ke Medan. Di Ibukota Sumut ini, ada dua cara yg bisa ditempuh menuju negeri jiran tsb. Rute pertama melalui bandara Internasional Polonia Medan. Beberapa maskapai penerbangan seperti, Lion Air,Kartika Air,MAS,Air Asia dan Firefly, setiap hari terbang dari Medan-Penang-Medan. Atw, Medan-Kuala Lumpur-Medan. Ke Singapore jg ada lho.

Untuk tiket pesawat, rasanya jg tidak terlalu mahal (kecuali naik MAS). Kisarannya hanya 500 rb s/d 800 rb untuk tiket pulang-pergi (PP), ntuk Medan-Penang. Harga tiket tsb jg beda tipis kalo kepingin lewat jalur laut. Tiket verry melalui pelabuhan Belawan untuk rute Medan-Penang (PP) jg dikisaran 500-700 rb. Kalo dari Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai, rute yang ditempuh yakni Tanjung Balai-Port Klang. Hanya saja, kalo naik verry jarak tempuhnya jadi lama. Yakni sekitar 4-5 jam. Sedangkan kalo naik pesawat, cukup 30 menit udah nyampe.

Tiba di bandara Internasional Bayan Lepas, Penang, jgn buru2 naik taxi bandara. Sebab, biayanya lumayan mahal. Jauh dekat di bandrol sekitar 42 RM. Kalo di rupiahkan dengan kurs Rp 3000 per 1 RM (ringgit Malaysia) sekitar Rp 126 ribu. Mau ngirit, biar jalan-jalannya bisa lebih lama ??? Tipsnya, setelah paspor di cap masuk oleh petugas imigrasi Malaysia, jgn langsung keluar ruangan bandara. Jalan aja ke arah kanan ruangan keluar, di sana ada eskalator (tangga naik). Nah, naiki aja. Kalau udh sampe ke atas, baru keluar. Kalo haus atw lapar, di sisi kanan bangunan bandara tersebut ada cafe untuk istirahat sejenak. Kalo mau langsung jalan-jalan, belok aja ke kiri setelah keluar ruangan bandara. Di sana ada halte bus Rapid (semacam bus way) kalo di Jakarta. Tunggu aja kalo belum ada. Rute bus yang di cari yakni ke Komtar. Sebuah bangunan pencakar langit di Penang. Mau tau brapa ongkosnya, cuma 2 ringgit 7 sen. Sangat murah bila dibanding naik taxi bandara. Hanya saja, perlu terlebih dahulu menukarkan rupiah ke ringgit di money changger yg banyak terdapat di bandara tsb.

Kalo udh nyampe di Komtar, tinggal cari aja hotel di sekitarnya. Banyak kok, tinggal pilih aja. Kalo mau murah, cari aja markas polis Penang yg tak jauh dari Komtar. Di samping markas kepolisian tersebut, ada motel bernama Darussalam (sesuai nama jalannya).Motelnya cukup bersih kok, ada AC dan tv di kamar tidurnya. Hanya saja bagi yang kebelet buang air besar, terpaksa harus keluar kamar. Sebab, WC untuk yg satu itu letaknya di luar kamar. Sementara untuk buang air kecil dan mandi, cukup di kamar tidur aja. Fasilitas kamar mandi memang di sediakan di dalamnya. Biaya sewa, 50 RM per malam. Kalau mau lebih nyaman, sebuah hotel di depan bioskop penang (penang street)- sekitar 300 meter dari markas polisi tadi, bisa anda kunjungi. Harganya, 75 RM permalam. Selain ada WIFI, di hotel tersebut jg berada di pusat kota. Kalau hotel lainnya, sewa kamar per malam paling murah 105 RM. Tinggal pilih !

Lalu bagaimana kalo mau ke Kuala Lumpur atw ke Thailand ???. Cukup mudah, cara pertama cukup pergi aja ke Komtar. Di lantai bawah bangunan tersebut, banyak travel yang menjual tiket bus ke seluruh penjuru Malaysia. Termasuk ke Hatyai-Thailand. Kalau ke mau ke Kuala Lumpur, tiket busnya di bandrol 32 RM. Begitu pula kalo mau ke Hatyai. Nah, cara ke dua mungkin sedikit lebih murah. Dari Komtar tersebut, cari bus Rapid jurusan Teluk Nibung atau Pulau Seberang Free. Sesuai namanya, kelo nyebrang ke pulau tersebut free alias tak bayar. Kembalinya, baru bayar. hehehe....

Disana ada terminal bus Teluk Nibung. Dari terminal ini, harga tiket ke Kuala Lumpur atw Hatyai di bandrol sekitar 26 - 28 RM. Jadi, tinggal pilih aja. Untuk cerita perjalanan selanjutnya, baca edisi lanjutan tips wisata murah ke negeri jiran....


Comments :

1
BANDARQ mengatakan...
on 

Cari Situs Judi Online yang fair ?
No BOT - No ADMIN dan murni PLAYER vs PLAYER
Solusinya hnya di CROWNQQ
Bonus Rollingan 0,5% Setiap senin
Bonus Referal 20% Seumur hidup
Hanya dengan nominal deposit Rp 20.000 sudah bisa bermain 11 game
Raih jackpot puluhan sampai ratusan juta setiap harinya..
WHATSAPP : +6287771354805
LINE : CS CROWNQQ
TELEGRAM : +855882357563

DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL 24 JAM NONSTOP

LINK :
Makotacrownqq. Net
202.95.10.205

#CrownqqResmi #crownqq #crownqqAgenBandarq #Bandarq #BandarqOnline #AgenDominoqq #DominoqqOnline

Posting Komentar

Graha Peta Dunia

 

Copyright © 2009 by Anak Stabat Online

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger